KONSEP UMMAH DAN RAKYAT DALAM PANDANGAN ISLAM

Authors

  • Muhammad Faqih Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i1.70

Keywords:

Ummah, Rakyat, non-Muslim, Masyarakat Madani

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui konsep ummah dan rakyat perspektif Islam yang sesungguhnya, apa saja kualifikasi-kualifikasi ummah dalam al-Qur’an Hadis, masyarakat madani, dan bagaimana konsep kewarganegaraan dalam perspektif kajian Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan heuristik dan historiografi ala Notosusanto. Hasil penelitian yang diperoleh: ummah adalah suatu kumpulan masyarakat yang berbeda-beda baik suku, ras, agama, dan budaya yang memiliki visi-misi dan tujuan hidup bersama dalam merealisasikan perintah dan larangan Tuhan untuk kehidupan yang berkemajuan, bermartabat dan beradab. Konsep ummah dalam masyarakat madani adalah bermula pada proses hijrah Rasulullah Saw. yang diimplementasikan untuk memulai peradaban baru bersama masyarakat di Madinah. Konkretnya, Rasulullah Saw. meletakkan dasar-dasar masyarakat madani melalui bermusyawarah, dan merumuskan ketentuan dan tujuan hidup bersama yang meliputi kebebasan, keadilan, dan partisipasi. Dalam konsep kewarganegaraan Islam, ada dua penyebutan non-Muslim, yaitu kafir dzimmi dan musta’min. Kafir dzimmi merupakan warga non-Muslim yang memiliki kriteria seperti menetap di satu tempat selamanya, dihormati, dan jiwanya tidak boleh mendapat gangguan apapun. Dikatakan kafir dzimmi, maka individu tersebut mempunyai beberapa hak di antaranya hak kemanusiaan, hak sipil, dan hak politik. Adapun musta’min, mereka tidak memiliki hak-hak politik, karena mereka bagian dari orang asing.

This study discusses the concept of the ummah and the people in Islamic perspective, what are the qualifications of the ummah in al-Qur'an and as-Sunnah, civil society, and how the concept of citizenship is in the perspective of Islamic studies. The research method used a heuristic and historiography approach according to Notosusanto. The result of the study showed that ummah is a group of people with different ethnicities, races, religions, and cultures that have a vision and mission and the goal of living together to realize God's commands and prohibitions for a progressive, dignified, and civilized life. The concept of the ummah in civil society originated in the process of the Prophet Muhammad's hijrah which was implemented to start a new civilization together with the people in the Medina. Concretely, Muhammad Saw laid the foundations of civil society through deliberation and formulated the terms and goals of life together which included freedom, justice, and participation. In the concept of Islamic citizenship, there are two terms of non-Muslim, namely kafir dhimmi and musta'minKafir dhimmi are non-Muslim citizens who have criteria such as staying in one place forever, being respected, and their souls should not be subject to any disturbance. Kafir dhimmi said that the individual has several rights including human rights, civil rights, and political rights. As for musta'min, they are individuals that do not have political rights, because they are part of foreigners.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Idil. “Khilafah Islamiyah: Antara Konsep dan Realitas Kenegaraan (Republik Islam Iran dan Kerajaan Islam Arab Saudi).” Journal of Government and Civil Society 1, no. 1 (2018): 95-109. https://doi.org/10.31000/jgcs.v1i1.265.

Dacholfany, M. Ihsan. “Konsep Masya-rakat Madani dalam Islam.” Akademika: Jurnal Pemikiran Islam 17, no. 1 (2012). https://doi.org/10.32332/akademika.v17i1.213.

Handoko, Tri. “Kafir Dzimmi: Orang Kafir di Negeri Islam.” Kompasiana, 2015. www.kompasiana.com/komentar/tryhandoco/5520603fa333117c4646ce2c/kafir-dzimmi-orang-kafir-di-negeri-islam (accessed Agustus 25, 2020).

Iqbal, Muhammad. Fiqh Siyasah: Kontekstualisasi Doktrin Politik Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2014.

Kenedi, John. “Prostitusi dalam Perspek-tif Hak Asasi Manusia dan Islam: Studi Kasus Praktik Prostitusi di Kota Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi dan Keagamaan 4, no. 1 (2018). https://doi.org/10.29300/mzn.v4i1.1003.

Khashogi, Luqman Rico. “Konsep Ummah dalam Piagam Madinah.” In Right: Jurnal Agama dan Hak Asasi Manusia 2, no. 1 (2017).

Lazzavietamsi, Fandy Adpen, et al. “Pemikiran Politik Kiai dalam Kewarganegaraan Indonesia.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 4, no. 2 (2019): 46–54. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i2.4055.

Muazzinah, Riska. “Konsep Demokrasi: Studi Komparatif antara Pemikiran Abul A’la al Maududi dan Praktiknya di Indonesia.” Disertasi. UIN ar-Raniry, 2019.

Mufid, Nur & Nur Fuad. Bedah al-Ahkamus Sulthoniyah al-Mawardi. Surabaya: Pustaka Progresif, 2000.

Notosusanto, Nugroho. Norma-Norma dalam Pemikiran dan Penulisan Sejarah. Jakarta: Departemen Pertahanan dan Keamanan, 1988.

Permatasari, Eka Aprilia. “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah.” History Education 3, no. 1 (2014).

Rahman, Zayad Abd. “Konsep Ummah dalam al-Qur’an: Sebuah Upaya Melerai Miskonsepsi Negara-Bangsa.” Religi: Jurnal Studi Islam 6, no. 1 (2015).

Saleh, Saleh. “Khawarij: Sejarah dan Perkembangannya.” El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis 7, no. 2 (2018). https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i2.1597.

Shihab, M. Quraish. Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhui atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996.

Syariati, Ali. Ummah & Imamah: Suatu Tinjauan Sosiologis. Bandung: Pus-taka Hidayat, 1989.

Suprijatna, Dadang. “Constitutional Convention in Practice Constitution in Indonesia.” Jurnal Hukum De’rechtsstaat 1, no. 1 (2015). https://doi.org/10.30997/jhd.v1i1. 394.

Tim Penyusun Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Juz 1-30. Semarang: PT. Kumudasmoro Grafindo, 1994.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Faqih, M. (2021). KONSEP UMMAH DAN RAKYAT DALAM PANDANGAN ISLAM. Al’Adalah, 24(1), 19 - 28. https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i1.70

Issue

Section

Articles